Translate

Asal kejadian jurnal@blog ini...

Asal kejadian isipati jurnal@blog ini adalah dari http://idanradzi.easyjournal.com tetapi nak jadi ceritera server sana asyik terhalang untuk diakses. Kini 2012 telah padam server Easyjournal ini.

Aku hanya sempat memindahkan sedikit sahaja data ke situs cermin ini. Alahai sedih amat.

Situs ini lebih kepada keterbukaan dalam soal Politik, usah dilabelkan situs haluan kiri atau pro parti mana pun. Pemilik asalnya adalah seorang Penyair nan lebih suka mendalami jiwa rakyat marhaen.

Bantu

Isnin, 16 September 2013

Nilai jual Tokek

Tokek sekarang mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi.Sehingga tidak heran banyak orang memburunya.untuk di jual.Tidak seperti dulu, tokek ditangkap terus dibunuh karena suaranya yang dianggap mengganggu.

Tapi sekarang orang yang membunuh tokek pasti akan kecewa berat, pasalnya setelah dia tahu bahwa tokek dengan berat 3 ons-an di hargai jutaan rupiah per ekormya.Coba lihat saja daftar harga berikut ini : ( harga ini sangat bervariasi ) * kategori 2,5 ons (berat 2,5 - 2,9ons) harga 5-10 juta * kategori 3 ons (berat 3 - 3,4ons) harga 15-20 juta * kategori 3,5ons (berat 3,5 - 3,9ons) harga 30-50 juta * kategori 4 ons (berat 4 - 4,9ons) harga 100-200 juta * kategori 5 ons (berat 5 ons ) harga 300-500 juta * kategori 6 ons keatas harga 100juta/ons

(RM1,000 sekitar 3 juta rupia)


Jadi bila anda berminat bisnis tokek silakan.Untuk pemasarannya anda bisa cari di google,di sana banyak sekali orang-orang yang mau membeli dengan harga sangat tinggi. Tapi hati-hati banyak pemburu tokek di sana sini.Cek dulu pembeli sebelum menjualnya.

Kenapa tokek harganya sangat mahal :
Dipercayai lidah tokek ini untuk bahan campuran ubat HIV Aids.Makanya dihargai sangat mahal.Namun secara rasmi pihak WHO sendiri belum mempublikasikan tentang kasiat lidah tokek ini. Ditambah lagi , spesifikasi tokek yang dicari memang sangat susah & langka, susah untuk di kembang biakkan sampai berat yang diinginkan.Kalaupun bisa perlu waktu yang lama.

Ciri Ciri tokek yang bisa di jual
-Hampir semua tokek bisa dijual baik tokek rumah maupun tokek hutan
-Lebih diutamakan tokek dengan warna dominan putih
-Berat min 300 gram ke atas ( lebih berat lebih mahal )
-Kondisi badan sehat, tidak cacat, lecet
-Ekor tidak boleh putus

Cara menangkap Tokek
Dalam menangkap tokek dilarang keras sampai si tokek sampai terluka, bahkan boleh di ibaratkan jangan sampai tersentuh tangan.Karena harganya akan jatuh drastis bahkan sampai tidak laku sama sekali. Sifat alami tokek adalah kalau di tangkap dia akan melawan sekuat tenaganya.Maka harus hati-hati,karena kerap menggigit jika ditangkap. Bila dipegang,tokek otomatis akan menganga mulutnya; siap untuk menggigit penangkapnya. Gigitannya sangat kuat,otot-otot rahangnya seakan mengunci.

Cara mudah untuk menipu tokek agar tak tergigit ketika memegangnya. Letakkan sesuatu yang agak lunak tetapi liat di mulutnya yang menganga, seperti sepotong ranting atau perca kain yang dilipat-lipat,yang tidak mudah putus. Tokek akan menggigitnya dengan sekuat tenaga, sehingga si penangkap aman untuk mengamati, memeriksa dan mengukur hewan itu. Tokek tak akan melepaskan barang itu selama ia masih dipegang orang; namun manakala tokek dibebaskan, ia akan segera melepaskan barang yang digigitnya dan berlari meninggalkannya.

Beberapa cara menangkap tokek agar tokek tidak terluka :
1.Menggunakan perangkap tikus yang sudah di beri makanan kesukaan tokek ( kalau bisa serangga yang masih hidup untuk menarik perhatian si tokek ).Taruhlah perangkap di dekat tokek berada.
2.Menggunakan tembakau yang sudah di tusukan ke lidi sebagai umpan si tokek.Jika tembakau ini di makan tokek akan pingsan sesaat. Namun dosis jangan terlalu banyak karena tokek bisa mati.

Tips menjual tokek : ( saya kumpulkan informasi dari berbagai sumber )
1. Kondisi kandang harus gelap tertutup. Jangan sering-sering kontak langsung dengan manusia karena hewan reptil ini cepat menyusut bukan karena selama perjalanan. tapi karena kandang terbuka dan sering kontak langsung dengan manusia itu yang menyebabkan dia stress.Jadi hindari timbulnya stress pada tokek.
2. Berilah vitamin B-complex secukupnya untuk mengurangi penyusutan berat badanya.
3. Berikan makan kacang ijo 1 butir jangan lebih untuk menambah stamina.
4. Jangan sering ditimbang. Ini sama saja akan membuat tokek stress. Sebagai patukan apabila ukuran lebar punggung sekitar 5cm lebih itu sudah dipastikan berat 2,5-3ons.Cuba gunakan patukan berikut ini :

Ciri-ciri tokek dengan berat 2,5 ons.
- lebar punggung selebar bungkus rokok djisamsu
- dengan panjang berkisar 1 jengkal 4 jari

Ciri-ciri tokek dengan berat 3 ons.
- lebar punggung selebar bungkus rokok sampoerna mild / 5 jari
- dengan panjang berkisar 30 cm sampai 37 cm

Tiada ulasan:

Catat Ulasan